Selasa, 21 Maret 2023

Kapan Waktu itu Tiba?


Kapan Waktu itu Tiba?
Puisi Abdul Haris Booegies


Gemercik air terdengar
Di telaga nan hening
Kami santri kelas I
Berwudhu untuk shalat Shubuh
Saya mengamati jam di dinding masjid ath-Thalabah
Kapan waktu itu tiba?

Cuaca sejuk berganti hangat
Kami kelas II berhimpun di perigi
Berwudhu demi shalat Dhuha
Saya melirik arloji
Kapan waktu itu tiba?

Di tengah panas terik
Kami kelas III berlomba ke mata air
Ingin berwudhu untuk shalat Zhuhur
Saya mengerling arloji
Kapan waktu itu tiba?

Embus bayu mematuk-matuk bulu tubuh
Sepoi angin terasa sejuk tatkala berwudhu untuk shalat Ashar
Kini saya sudah kelas IV
Kapan waktu itu tiba?

Senja menghapus petang
Saya bergegas ke sumur saat sinar Mentari mulai redup oleh keperkasaan malam
Otot-otot makin kokoh ketika air wudhu mengguyur anggota badan
Terdengar kumandang azan Magrib
Tiada terbayang
Sang kala berlalu empat tarikh
Membawaku naik kelas V
Kapan waktu itu tiba?

Kerlap-kerlip bintang-gemintang seolah memanggil-manggil
Saya tafakur dalam kesunyian alam
Tanpa terasa sudah kelas VI
Kapan waktu itu tiba?

Saya terjaga di tengah malam
Hendak berwudhu untuk shalat Tahajud
Saya menciduk air di telaga saat hujan mulai turun
Saya menengadah
Memandang angkasa yang terang oleh kristal hujan
Kampusku seolah turut berwudhu dengan hujan yang kian deras
Dan inilah waktu yang ditunggu itu
Hari ini saya tamat setelah enam tahun menuntut ilmu di Pesantren IMMIM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amazing People